WNI di Austria Hadiri Upacara HUT RI ke-78

TEMPO.CO, Jakarta – Perwakilan tiga generasi WNI serta Diaspora Indonesia di Austria pada 17 Agustus 2023, untuk pertama kalinya berkumpul pasca-pandemi Covid-19 untuk bersama-sama merayakan HUT RI ke-78 di halaman kantor KBRI/PTRI Wina. Acara ini sekaligus untuk meresmikan perampungan pembangunan Ruang Loket Layanan Kekonsuleran KBRI Wina yang mulai dibangun 20 Juni 2023 dan dirampungkan pada kesempatan HUT RI ke-78.

Upacara Bendera dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Austria, Slovenia, PBB dan Organisasi Internasional di Wina, Damos Dumoli Agusman. Damos mengatakan HUT RI ke-78 ini merupakan perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang juga menjadi ajang silaturahmi lintas generasi pasca-pandemi Covid-19.   

  

Rangkaian kegiatan HUT RI ke-78 di Austria dimulai pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2023 dengan penyelenggaraan pertandingan Catur Online melalui platform Chess.com, dilanjutkan dengan pertandingan sepak bola lapangan pada 6 Agustus 2023, e-Sport FIFA 2023 di PlayStation 4 dan Semi-Final Catur Online secara luring pada 12 Agustus 2023, serta pertandingan Bulutangkis dan Tenis Meja ganda putra dan putri pada 13 Agustus 2023.

Puncak rangkaian HUT RI ke-78 adalah acara “Pesta Rakyat” yang akan digelar pada 26 Agustus 2023 di KBRI/PTRI Wina dengan mengundang segenap WNI dan Diaspora Indonesia, mitra KBRI/PTRI Wina, dan kalangan diplomatik terbatas, serta para Friends of Indonesia di Austria dan Slovenia.

KBRI/PTRI Wina juga menggunakan kesempatan Hari Kemerdekaan untuk meresmikan perampungan konstruksi Ruang Loket Pelayanan Kekonsuleran yang baru. Seiring dengan peningkatan jumlah WNI dan Diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia dalam satu dasawarsa terakhir, terdapat kepentingan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kekonsuleran dan menyelaraskan standar pelayanan publik kekonsuleran yang telah ditetapkan oleh Kementerian Luar Negeri RI untuk seluruh Perwakilan RI di luar negeri. 

Baca Juga  Sultan Terjerat Kabel Optik 6 Bulan Lalu, Ayah Tagih Tanggung Jawab Perusahaan

Iklan

“Pengguna jasa kekonsuleran KBRI/PTRI Wina kini dapat datang ke ruang khusus ini dan mendapatkan layanan yang diperlukan dengan nyaman dan mudah” kata Duta Besar Damos.

Usai upacara dan peresmian fasilitas baru tersebut, dilakukan acara ramah-tamah, pemotongan tumpeng merah putih oleh Duta Besar Damos. Potongan tumpeng pertama diberikan kepada WNI tertua di Austria yang hadir, yaitu Petrus Canisius Prijapratama, 89 tahun, dan merupakan pensiunan OFID. Walau sudah menetap di Austria, Petrus tetap merasa perlu untuk mengobarkan kembali rasa patriotisme melalui keikutsertaan pada upacara bendera HUT ke-78 RI tahun ini.

Menggunakan kesempatan berkumpulnya tersebut, acara ramah tamah juga dilengkapi dengan “jamming session” oleh Band Keroncong Zugabe KBRI/PTRI Wina yang memainkan lagu-lagu perjuangan dan lagu kenangan dengan partisipasi penyanyi dari kelompok senior dan sesepuh WNI dan Diasporan Indonesia di Austria

Pilihan Editor: RI Berhasil Atasi Pandemi Covid-19, Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Selama 7 Kuartal di Atas 5 Persen

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *