Waspada Asam Urat Setelah Lebaran, Ini 5 Cara Mencegahnya

TANGERANGNEWS.com-Pada masa Lebaran, perlu diingat bahwa banyaknya hidangan tradisional yang tinggi purin bisa memicu kambuhnya asam urat. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih dengan bijak makanan yang dikonsumsi dan menjaga pola makan selama liburan Idul Fitri.

Asam urat adalah kondisi peradangan kompleks pada sendi yang dapat menyerang siapa saja dengan gejala seperti nyeri hebat, pembengkakan, kemerahan, dan nyeri pada satu atau beberapa sendi.

Dikutip dari laman Mayo Clinic pada Rabu, 11 April 2024, berikut adalah tips untuk mencegah kambuhnya asam urat selama Lebaran:

1. Mengurangi Konsumsi Makanan Tinggi Purin

Menghindari atau membatasi konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, makanan laut (sarden, teri, udang), dan jeroan (hati, ginjal, otak). Konsumsi purin berlebih dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

2. Menjauhi Makanan Tinggi Fruktosa

Meminimalkan konsumsi makanan atau minuman tinggi fruktosa seperti minuman bersoda dan makanan manis. Konsumsi fruktosa berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

3. Meningkatkan Konsumsi Air Putih

Minum banyak air putih untuk membantu mengencerkan urine dan mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

4. Tetap Aktif secara Fisik

Berolahraga secara teratur untuk menjaga aktivitas fisik. Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengontrol berat badan, yang pada gilirannya dapat membantu mencegah kambuhnya asam urat.

5. Memeriksa Kadar Asam Urat

Jika memiliki riwayat asam urat tinggi atau sering mengalami gejala asam urat, penting untuk secara rutin memeriksa kadar asam urat kepada dokter. 

Hal ini membantu memantau kondisi kesehatan dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Gudang Styrofoam di Pinang Tangerang Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp1 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *