Sinar Mas Pakai Teknologi AI Deteksi Kerusakan Infrastruktur di Kawasan BSD City

TANGERANGNEWS.com-Perusahaan properti Sinar Mas Land memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mendeteksi kerusakan pada infrastruktur di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City.

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land Mulyawan Gani mengatakan pihaknya memanfaatkan mobil patroli yang dipasang kamera, sehingga bisa mendeteksi jalan rusak sekaligus titiknya.

Tak hanya mengetahui lokasi, teknologi tersebut juga bisa membedakan tingkat kerusakannya. Dengan mengetahui kerusakan sejak awal, pihaknya bisa menghemat waktu dalam melakukan perbaikan.

“Pemanfaatan AI ini juga sekaligus digunakan untuk mengevaluasi hasil kinerja kontraktor yang mengerjakan perbaikan jalan. Kalau ada satu titik yang rusak terus, berarti ada kesalahan dalam pengerjaannya,” katanya seperti dilansir dari IDX Channel, Senin 20 November 2023.

Sinar Mas juga melakukan pengembangan teknologi tersebut, dengan melibatkan berbagai global tech giant seperti Microsoft Indonesia, NTT Global, dan lainnya dalam perjalanan transformasi digital perusahaan.

Inovasi ini memang dibangun untuk menjadikan BSD City sebagai integrated smart and digital city dengan memanfaatkan potensi teknologi Artificial Intelligence (AI).

“Salah satu wujud nyata inovasi tersebut adalah kolaborasi kami dengan Microsoft lewat integrasi teknologi chatbot yang mengimplementasikan Microsoft Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Search untuk menghadirkan fitur ‘Tanya’ dalam aplikasi OneSmile,” lanjut Gani.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Dinkes DKI Jamin Kesiapan Faskes Tangani Penyakit Akibat Memburuknya Polusi Udara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *