Pemerintah Salurkan KUR Kepada Pengusaha Warteg

INFO NASIONAL – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada lima debitur KUR Bank BNI yang merupakan pelaku usaha warung tegal (warteg) dengan total nilai penyaluran KUR sebesar Rp1 miliar di Posbloc, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Agustus 2023.  Selain itu, dilakukan pula penandatanganan PKS antara Penyalur KUR dengan Asosiasi Pengusaha Warteg Kharisma Bahari yang beranggotakan lebih dari 1.000 anggota.

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Pusat yang bekerja sama dengan Penyalur dan Penjamin KUR dalam rangka memberdayakan UMKM, khususnya pelaku usaha Warteg melalui penyaluran KUR. “Warteg telah membuktikan ketahanannya menghadapi pandemi Covid-19. Dengan adanya penandatanganan PKS ini, maka diharapkan pelaku usaha warteg dapat kembali mengembangkan usahanya, meningkatkan kualitas pelayanan, serta menciptakan dampak positif pada komunitas lokal,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Haryo Limanseto, selaku Juru Bicara Kemenko Perekonomian.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah membuktikan ketahanannya untuk bangkit dari pandemi Covid-19, termasuk warteg. Pemerintah telah menyediakan berbagai dukungan, di antaranya berupa bantuan tunai dan kemudahan akses pembiayaan.

Di awal pandemi, Pemerintah telah menyiapkan bantuan modal usaha berupa Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) sebesar Rp1,2 juta yang diberikan kepada 1 juta pedagang/pemilik warung, termasuk juga diantaranya pelaku usaha warteg. Selain itu, Pemerintah juga menyiapkan berbagai kemudahan akses pembiayaan melalui KUR bagi UMKM terdampak.

Kini pelaku usaha warteg telah bangkit kembali. Bersama komunitas, mereka membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat. Sebagai bagian dari UMKM, warteg juga turut mengambil bagian dalam mendongkrak perekonomian nasional dan daerah. (*)

Baca Juga  Eks PM Pakistan Imran Khan Dilarang Berpolitik Selama 5 Tahun

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *