Awas, 4 Penyakit Ini Kerap Muncul Usai Lebaran

TANGERANGNEWS.com- Saat berkumpul dengan keluarga besar di Hari Raya Idulfitri, beragam hidangan lezat seperti opor ayam, rendang, kentang mustofa, dan aneka kue pasti menggoda selera. 

Namun, penting untuk tetap menjaga pola makan agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan berlemak, pedas, dan manis yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

Berikut adalah beberapa penyakit yang biasanya muncul setelah Lebaran

1. Maag

Makanan pedas dan asam yang mengandung gas dapat memicu munculnya maag, terutama jika pola makan tidak teratur selama Idulfitri. 

Gejalanya termasuk nyeri ulu hati, mual, muntah, sesak napas, dan kembung perut. Hindari makanan dan minuman yang dapat memperburuk kondisi maag.

2. Kolesterol

Hidangan bersantan dan berlemak seperti opor ayam dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Batasi konsumsi makanan berlemak untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi makanan tinggi garam saat Lebaran dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan hipertensi. Batasi asupan garam dan pilihlah makanan yang rendah garam untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Diabetes

Konsumsi minuman manis dan kue kering berisiko tinggi meningkatkan kadar gula darah, meningkatkan risiko diabetes. Penderita diabetes perlu menjaga pola makan dan minum banyak air putih untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan dan minuman serta selalu siapkan obat-obatan yang diperlukan.



Quoted From Many Source

Baca Juga  5 Fakta Sidang Tuntutan Mario Dandy di Kasus Penganiayaan David Ozora

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *